Hening, Terdiam, Teronggok Lesu, Menunggu Takdir, mungkin itu yang dirasakan 2 kubu fansboy kompetitor yang kini bermain di kelas 250cc… Sosok konsep New Honda CBR250RR 2 Silinder (atau sering disebut juga K64A) yang kini sedang dipamerkan di Tokyo Motor Show 2015 tersebut sungguh terlalu ciamik untuk diacuhkan begitu saja… Oke skip, udahan puitis nya, Kali ini mari kita kembali ke topik soal Lightweight Sportbike terbaru berkubikasi 250cc dari Produsen berlogo Sayap Mengepak.
Sejak Ajang Tokyo Motor Show 2015 dibuka, Honda CBR250RR 2 Silinder langsung jadi headline di tanah air… Banyak yang menyanjung, bertanya-tanya, apalagi yang penasaran. Nah, untuk menjawab rasa “kepo” Brosist, Mendingan yuk langsung aja kita bahas soal detailnya satu persatu… Cekidots !
Mesin 2 Silinder Hi-Rev !
Ekspektasi : Dari 4 Silinder, V-Twin, Silinder Tunggal Unicam, hingga akhirnya mentok di Inline-Twin (2 Silinder Sejajar)… Ya, itulah rumor yang merebak sejak tahun 2010 silam. Dari CBR250 Silinder tunggal hendak dirilis, hingga kini jagad maya sedang Hot soal CBR250RR ! Kini, Konfigurasi mesinnya sudah 99% dipastikan bakal menggunakan 2 silinder sejajar… Tapi ada hal yang lebih menarik lagi lho, yakni Redline putaran mesin nya sampai 14.000 RPM tuh Brosist. Bahkan ada yang menyebutkan powernya bakal tembus 39 – 40 HP ! Alias setara dengan CBR250 4-Silinder versi Restricted… Gokil !
Realita : Untuk mesin 2 Silinder sejajar yang bakal dipakai di Sportbike 250cc terbaru ini, Sebenarnya sudah bahas di Artikel CBR250RR : V-Twin atau Inline-Twin… Intinya, Besar kemungkinan basis mesinnya memang bakal menggunakan 2 Silinder sejajar, Yang secara cost lebih masuk akal & langsung head2head dengan calon kompetitornya, YZF R25 & Ninja 250… Tapi untuk Mesin 2-Silinder Hi-Rev hingga 16.000 RPM ? Wow ! Kayaknya yang satu ini masih perlu kita ragukan… Bukan tanpa alasan, Karena dibutuhkan part dan material yang mumpuni plus Stroke (langkah piston) yang lebih pendek. Dimana hal ini bakal berpengaruh ke torsi motor yang dikorbankan, serta harga jual yang tak terjangkau lagi…
Desain Sporty Futuristik !
Ekspektasi : Untuk soal desain, Konsep New Honda CBR250RR memang layak diacungi jempol… Mengusung tampilan ala Lightweight Supersport Concept, Sportbike 250cc ini tampil dengan desain yang agresif, sporty, nan futuristik ! Bahkan bagi saya pribadi, sekilas malah terlihat seperti produk milik kompetitor… Bagai bumi dan langit bila kita bandingkan dengan edisi sebelumnya, CBR250R Dual Keen Eyes. Impresif !
Realita : Untuk urusan desain – tampilan, Mulai tahun 2015 ini memang sudah terlihat banyak perubahan dari Honda. saya sendiri pernah membahasnya secara ekslusif di artikel Revolusi Desain Sport Honda. Dan desain Honda CBR250RR yang seperti ini juga jadi nggak aneh, bila kita melihat sosok New CBR500R 2016 yang baru saja dirilis… Hanya saja, Jangan terlalu berharap karakter ergonominya bakal “so sporty“, Layaknya setang under yoke di Ninja RR Mono, atau Buritan super “nungging” ala YZF R15… Ini Honda !Pabrikan yang selalu mengutamakan filosofi nyaman & easy to use di setiap lini Sportbike nya. Kalau kata fansboy setia nya : “Honda Adalah Kenyamanan“…
Part Eksotik !
Ekspektasi : Selain sektor desainnya yang memang ciamik… Hal lain yang juga jadi perhatian para netizen adalah part-part eksotik yang tertanam di New Honda CBR250RR ! Sebut saja suspensi depan upside-down, Swingarm banana-style, Suspensi belakang Ohlins, Knalpot Akrapovic, hingga Speedometer Full-Digital yang mantap… Kalau diperhatikan, Spek detail tersebut cukup untuk membuat CBR 2 Silinder ini setara dengan KTM RC250, yang notabene kini dilabel sebagai motor 250cc premium…
Realita : Semua part gokil yang saya sebutkan diatas tadi tentu nggak seberapa. Apalagi kalau kita bicara soal Pabrikan Roda 2 sekaliber Honda… Tapi yang jadi masalah,Nantinya mau dibanderol berapa ?? Kalau dipasang spesifikasi se-keren itu, Maka jangan salahkan kalau nantinya harga Honda CBR250RR juga bakal setara motor KTM Austria yang harganya menembus 70 Jutaan ! Nah, Jadi nggak kompetitif lagi sebagai lawan sepadan YZF R25 & Ninja 250 dong ya ? Bisa aja sih dibikin terjangkau, Asal semua part eksotis di CBR 2 Silinder tadi dibuat alias diproduksi sendiri oleh Honda, Tanpa pakai vendor, Alias rugi ditanggung sendiri. wkwkwk…
Produksi di Indonesia !
Ekspektasi : Rasa “pesimis” dari poin 1 & 3 diatas, Tentu bisa dibantah dengan alasan yang satu ini nih ! Ya, Produksi New Honda CBR250RR secara lokal, alias dibuat di Indonesia… Agar meskipun nantinya menggunakan spek mesin, desain dan detail yang superior, Namun banderonya masih bisa ditekan ! Apalagi, Kini AHM (Honda Indonesia) juga sudah punya pabrik anyar yang semakin mendukung hal tersebut !
Realita : Sejauh ini, Motor paling advanced yang pernah diproduksi langsung oleh AHM adalah New CB150R Streetfire Facelift (cmiiw).. Sisanya, Paling skutik & bebek. Sedangkan kebalikannya, AP Honda Co.Ltd Thailand sejak dulu selalu dipercaya sebagai lokasi produksi motor light-middleweight dengan spek lebih mumpuni… Contohnya CBR125R,CBR250-300R, CBR500R-Series, hingga CB-CBR650F 4-Silinder yang fenomenal ! Jadi menurut EA’s Blog Kemungkinan besar sih produksi New Honda CBR250RR bakal masih dipegang Thailand… Tapi, Sebenernya juga bisa koq dibuat Made in Indonesia, Asalkan nantinya nggak ada yang protes soal Kualitas Plastik & Finishing yang medioker ala produk AHM… Nggak kebayang kalau desainnya udah keren kaya versi konsepnya,
Well… Gimana ?? Brosist sekalian sudah pada nggak penasaran lagi kan soal New Honda CBR250RR ? Kalau ternyata masih kepo, ya berarti samaan kayak saya, Hehehee… Sekarang, Let’s wait & see aja bagaimana perkembangan Sport 250cc ini kedepannya. Apakah lebih banyak yang manis sesuai ekspektasi, atau justru getir bak realita ? Time will tell…
0 comments:
Post a Comment